CREDIT REMOVER // PLAGIATOR !!

Hey, sebelumnya saya minta maaf karena udah lama nggak update apapun yang berarti untuk kalian, fellas.

Tapi, kali ini aja biarin saya untuk sekedar chit-chat sama kalian. Lebih ke curhat sih sebenarnya.

Pernah denger ‘Take out with full credit’? Iya yang biasanya ada di fanbase” yang posting foto idol mereka dan bilang supaya nggak di remove creditnya. Itu artinya kalau kalian pakai foto itu sebagai foto asli, credit mereka nggak boleh dihapus. Beda kalau kalian mau pake buat bikin poster. Kalau sampe ada larangan begitu kan ribet artworker di seluruh RT /ketawa dikit/.

Seumur-umur saya selalu berusaha menghargai fanbase” itu, misalkan saya ambil fotonya melalui deviantart saya bakalan komen di sana, atau di tumblr saya bakalan fav dan re-blog itu foto. Untuk ngehargai yang bikin.

Dan kali ini saya bener-bener merasa diejek. Dihina bahkan. Nggak cuma saya, tapi tempat kerja saya. ART-FANTASY. Jujur aja, ini bener-bener pengalaman yang wow sekaligus menyakitkan buat artworker beginner buat saya. Udah beberapa kali liat poster yang pake psd saya tapi si artworker nya nggak pernah ngomong wkt take saya biarin, ada yang niru psd saya pun saya biarin, buat saya mereka mungkin sedang dalam tahap ‘malu ketahuan belajar’.

Tapi kasus kali ini beda. Tanggal 10 Juli, saya posting sebuah request dari Dekriseu berjudul ‘Savior’. Cast nya Kris dan Jessica, saya posting itu di ART FANTASY

Tolong diperhatikan ya, itu ada caption di bawah foto mengenai link postingan saya. Dan buat kalian yang udah sering mondar mandir di wordpress tentu tahu dong arti ‘2014/07/10’ itu artinya postingan saya terbit tanggal 10 bulan 7 tahun 2014. Coba lihat deh credit art fantasy di kiri atas. Saya kerja di sana, dan tentu saya harus pasang credit ART FANTASY (bagi artworker yang kerja di blog lain pasti langsung ngeh). Dan judul beserta credit untuk saya dan authornya saya letakkan gede gede di bawah. Niat awal saya sih pingin keliatan classy, jadi emang ada space kosong tersendiri di bawah nya tanpa texture atau hiasan apapun.

Dan tolong lihat ini :

  1. Credit ART FANTASY di pojok kiri atas sengaja di hapus, mungkin dengan bantuan PHOTOSHOP Fill – Content Aware.

  2. Judul Asli, Credit Author, Credit Artworker di hitamkan dan diganti dengan judul dari dia dan creditnya sendiri

Orang yang melakukan ini seorang Vietnam, dan ironisnya saya baru aja ngerjain request dia di ART FANTASY. Sedih ya? Emang. Ini kaya kerja keras kalian sekalipun cuma amatiran direnggut paksa. Pernah mikir nggak ya orang ini gimana sakitnya?

Ini lebih sedih dibanding ada orang yang nggak ngerhagai request kamu dan milih request lain loh. At least dia nggak manipulasi hasil karya orang lain

Oke, saya bukan artworker profesional yang punya bayaran. Tapi coba dong lihat kerja keras saya, bayangin kamu punya karya yang udah di ketahui banyak orang di sekitarmu terus diambil orang lain dan lebih terkenal di daerah plagiator sebagai miliknya. Pingin banget ngomong ‘punya malu nggak sih?’

Bukti lainnya, dan konyolnya dia semacam nggak merasa takut ketahuan tuh

plg2

plg1

Buat kalian yang pernah request di saya, sadar nggak sih karena saya sangat menghargai para pe-request seberapa ribet pun kalian nama file poster kalian selalu ‘Judul poster by author’? Saya berusaha membuat kalian merasa istimewa ketimbang terima poster yang nama file nya ‘untitled-11’ atau lainnya.

Dan kalian bisa liat di milik saya, tertulis ‘artfantasy1st .files. wordpress.com/2014/07/savior-by-dekriseu.png’ Yang artinya judul Poster itu Savior dan saya tujukan untuk Dekriseu. Dan tolong liat milik si orang itu ‘mylove123456. files.wordpress. com/2014/07/savior-by-dekriseu_meitu_1.jpg’.

Lucu ya.. Bukannya judul ff dia Salvation? Bukannya authornya namanya Winnie? Lucunya lagi quotes nya pun sama, nggak bisa ngilangin quotes nya ya? Cuma modal ngilangin credit?

Dear you, I may not a person with an extraordinary abilities. I’m just a high school student who have this little hobby (editing). Perhaps you easily do all those things, but to me who having so many schedules and limitations, it’s take at least four hour to make a poster and if i have to calculate the time to find all the materials for one poster it will take at least 6 hour. I have to sacrifice my pleasure time for other people pleasure, and now without even a single ask you take it for your pleasure. Please remember, KARMA DOES EXIST.

17 responses to “CREDIT REMOVER // PLAGIATOR !!

  1. hallo, aku blogwalking yg g sengaja terdampar di blog ini😀
    Designmu tuh keren looh terutama yang gloomy dan darknya, mungkin karena itu juga si plagiator meniru postermu kali ya eon.. Kalo saranku sih ya drpda kita marah2, toh dianya juga mungkin g ada rasa bersalah sedikitpun -_-, intinya positive thinking eon, anggap aja dia itu fans designnya eonni sampe meniru poster itu, yah walaupun g etis sihh.. justru dengan adanya kasus plagiat ini, eonni harus yakin kalo eonni itu berbakat di bidang desain, buktinya sampe ditiru orng luar negri (menurutku itu malah keren). Emang sih yg namanya ditiru itu paling nyebelin, aku pun sama kyk eonni, tpi lebih baik kita angkat dagu dan tersenyum sambil berkata, “plagiatin aja, copy aja sepuasnya, toh kamu bisanya cuman tiru2 dan g punya kemampuan serta imajinasi”. intinya, positive thinking eon🙂 semangat untuk designnya ya. See you🙂

    • halo makasih banget ya😀 hehehe niatku sekarang ini sih udah mau begitu.
      buat apa lah repot repot marang ke orang yang bahkan nggak ngerti perasaan.
      toh dia bakal dapet karma nya sendiri nanti😀

      thank you ya😀

  2. siip deh eon🙂 oh ya kmu req posternya lgi close ya?😦

    • iya hehehe, aku lagi away dari indo soalnya😀 sedang pergi ke tempatnya meteor garden
      di sini nggak bisa apa apa selain belajar ._. /hufftt/
      nanti ya kalau udah pulang ke indo atau libur hehe😀

      • kakak sekolah di luar negri?? di negara mana niih??🙂

      • nggak cuma study exchange hehe sampe akhir bulan ini doang😀 taiwan ..
        dkt samat korea yaaaa /apaan/

      • hehehe, siiip dehh kak, sepupuku jga ikut study exchange di USA #jauhsamakorea -_-, bahasanya pke english kan, bkn bahasa alien (?)😀 hehehe brcanda kak, kakak SMA?

      • di us mahal ciyus dah biaya hidupnya._. emang ada home parent nya, cuma nggak enak kalau ngerepotin. 11 12 wkt sama aku di sgp.. tergantung sih home parent ku bisa bahasa inggris untungnya, cuma kalau in school nggak semua orang” sekolahnya bisa inggris jadi pake mandarin😀
        iyap, kelas 2😀

      • oh, berarti kak Nana belajar Mandarin ya, waktu ikut study exchange dsn? emang, klo di USA nguras kantong bngt ._. secra US itu kan negara maju ya, mata uangnya aja dolar yang lagi naik, hmpir setara dengan 12.000/dolarnya. kak, klo study di luar, englishnya harus lancar ya? soalnya aku ada rencana nanti kuliah ambil beasiswa di luar hehehe🙂

      • belajarnya sih udah dari indo, soalnya itu salah satu syarat ikutnya hehehe😀
        ohh nggak harus lancar, asalkan kamu tahu komunikasi yang bener, mau denger dari yang apa mereka bicarain dan ngerti udah cukup nggak terlalu ‘kece’ nggak masalah

        way better kamu beasiswa di luar setelah s1, maksudnya s2 dll gitu, soalnya banyak sekolah yang emang beasiswa tapi nggak kasih financial support beside that.. jadi kamu harus kerja kalau kamu s1 udah di luar pasti bingung antara kerja buat financial support dan kuliahnya..

        begitu kata koko ku sih._.

      • ooh gtu tohh, kak🙂 ok thx for your information ya kak🙂 Semoga sukses🙂 God bless u kak🙂

    • halo cuma mau ngasih tahu request ku udah buka lagi ^^

  3. kak Nana udh plng ya??

  4. Nanaaaa /lagi2 teriak -_-/
    ini asli bikin sakit hati pake bangeeet😦
    aku pun kalo jadi kamu pasti kyk gini .-.
    kalo aku sendiri sih, ngga akan bilang kamu ngga usah marah2 dan segala macemnya, aku malah dukung :p
    bukannya aku ngajarin yg ngga bener ya, cuma kalo kita ngga coba ngasih tau ini ke orang lain, dan org itu bakal ngikutin lagi, dunia ini bakal penuh sama plagiarisme.. apalagi masalah kreativitas kyk gini yg butuh otak, tangan, dan niat..
    mungkin aku lebih ikhlas ngomong, Nana yang sabar yaa😀
    jalan orang sukses utk menjadi hebat emang ngga gampang, dan kalo kata aku, ini mungkin cobaan aja🙂 Tuhan pasti pingin kamu lebih baik lagi ^^
    aku sih berharap udah ngga ada lagi orang2 yg suka main cablak (?) /nyolong gitu/ seenak jidat kyk gini .-.
    aku sendiri lebih suka nanya ke orang nya gmana cara bikinnya, ketimbang ngambil tanpa permisi -_- /sok2an, curhat =_=/
    semoga kejadian ini jadi motivasi buat Nana😀
    you will shine so soon ^^ aku yakin itu :p
    SEMANGAAAAT NANAAAA XOXO❤❤❤

    • entar kaya tarzan kak teriak teriak terus😆
      makasih banget ya kak😀 merasa lebih punya kekuatan setelah dpt komentar” membangun.. jalan menuju sukses emang kadang pait hehehe😀

      MAKASIH KAK LOPELOPEE❤❤

      • udah ketularan soalnya kemaren sempet diculik sama tarzan :p /ini apa .-./
        semakin pait jalannya, semakin manis hasilnya. bukan begitu?🙂 sukses selalu deh Na ^^

        SAMASAMA CANTIK❤❤

Hi-Think!

